cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
jeb@uniraya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jeb@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka, Nari-nari, Kelurahan Pasar Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB)
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 25807994     EISSN : 27463745     DOI : 10.57094
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB) Nias Selatan is a peer-reviewed journal. JEB Nias Selatan invites academics and researchers involved in original research in the fields of economics, management, entrepreneurship, finance and accounting to publish their scientific work at JEB Nias Selatan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 9 Documents clear
John Firman Fau PERMINTAAN AYAM BROILER OLEH RUMAH TANGGA STUDI KASUS PASAR JEPANG TELUKDALAM admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.369 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi rumah tangga (X1) dan pendapatan rumah tangga (X2) terhadap permintaan ayam potong (Y) di pasar JepangTelukdalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Data sekuner berupa jumlah penduduk dan pendapatan perkapita yang bersumber dari Badan Pusat Statistik kabupaten Nias Selatan dan data primer diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian iniberjumlah 60 orang dengan bervariasi pendapatan dan merupakan pelanggan tetap dari penjual ayam potong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas bahwa variabel signifikan terhadap variabel terikat. Konsumsi rumah tangga (X1) dan pendapatan rumah tangga (X2) terhadap variabel permintaan ayam potong (Y) di Pasar Jepang Telukdalam. Berdasarkan hasil penelitian, maka kebijakan yang direkomendasikan yaitu Pemerintah ikut campur dalam penyediaan ayam potong karena pola konsumsi masyarakat secara bertahap cenderung mengonsumsi daging ayam, dengan tersedia ayam potong maka mengimbangi jumlah permintaan di pasar sehingga selalu terjadi keseimbangan.
Paskalis Dakhi ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA STIE NIAS SELATAN- KABUPATEN NIAS SELATAN) admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.926 KB)

Abstract

Transaksi online menjadi berkembang dalam beberapa tahun ini. Hal ini dapat terlihat dari semakin meningkatnya kegiatan bisnis yang menggunakan transaksi secara online.Tujuanpenelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online, dan penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa STIE Nias Selatan yang sudahmelakukan transaksi secara online. Teknik analisis data yaitu regresi linier berganda dengan teknik penentuan sampel adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling,dengan dasar penentuan sampel adalah mahasiswa yang sudah melakukan transaksi secara online. Jumlah populasi adalah 1249 orang, sedangkan sampel adalah 86 orang. Berdasarkananalisis hasil penelitian secara parsial gaya hidup konsumen memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian secara online. Sedangkan kepercayaan konsumen tidak berpengaruhsecara parsial terhadap keputusan pembelian secara online. Kemudahan bertransaksi juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online dan kualitas informasi jugaberpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online. Jadi dari hasil penelitian ini diketahui bahwa keputusan pembelian secara online pada mahasiswa STIE Nias Selatan secaraparsial dipengaruhi oleh: gaya hidup konsumen, kemudahan bertransaksi dan kualitas informasi. Sedangkan kepercayaan konsumen tidak mempengaruhi keputusan pembeliansecara online. Kemudian secara simultan keputusan pembelian secara online dipengaruhi oleh gaya hidup konsumen, kepercayaan konsumen,kemudahan bertransaksi dan kualitas informasi.
Samanoi Halowo Fau PENGELOLAAN BARANG HABIS PAKAI (ALAT TULIS KANTOR) PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN NIAS SELATAN Samanoi Halowo Fau
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.755 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Pengelolaan Barang Habis Pakai (ATK) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Pelaksanaanpengamatan ini, menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan siklus/tahapan Pengelolaan Barang Habis Pakai (ATK) Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Sumber data yang diperoleh berdasarkan dari informan, peristiwa atau aktivitas kemudian juga dari dokumen yang terkait dengan pengelolaan barang habis pakai di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), dan mengkaji dokumen yang berupa berkas dan arsip yang berkaitan dengan pengelolaan barang habis pakai di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan, penulis memaparkan bahwa siklus/tahapan pengelolaan barang habis pakai (ATK) merupakan bagian dari siklus Pengelolaan Barang Milik Daerah yang terdiri dari perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, penyaluran, pelaporan danpenghapusan. Penyaluran merupakan tujuan utama dalam pengelolaan barang tersebut dalam tahap yang baik untuk pemenuhan kebutuhan barang. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengelolaan Barang Habis Pakai (ATK) telah berjalan dengan baik dan dilakukan oleh petugas yang ahli dibidang tersebut. Tetapi dalam pencatatan pengeluaran barang kurang teliti sehingga terjadi ketidaksesuaian antara laporan keadaan persediaan barang dengan keadaan barang di dalam gudang. disarankan sebaiknya dalam pencatatan harus lebih teliti dan memperhatikan jumlah barang yang dikeluarkan dengan jumlah barang yang ada di dalam gudang.
Yohanes Dakhi PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.097 KB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai karena nilai thitung sebesar 1,068>1.694 dan tingkat signifikan sebesar 0,003<0.05, maka keputusannya adalah Ha diterima dan H0 ditolak dengan arti bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai padaKantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai karena nilai thitung sebesar 0,785>1.694 dan tingkat signifikan sebesar 0,004<0.05, maka keputusannya adalah Ha diterima dan H0 ditolak dengan arti bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pegawai, karena nilai Fhitung sebesar 6,949> nilai Ftabel sebesar 3,305 dan taraf signifikan sebesar 0,004<0,05. Artinya bahwa semua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Dengan kata lain,secara bersama- sama variabel bebas kemampuan, motivasi kerja dan disiplin kerja) mempengaruhi variabel terikat (kinerja pegawai) pada Kantor Camat Aramo Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefesien determinasi ( ) sebesar 0,066% sehingga dapat ditunjukkan bahwa 0,066% keragaman variabel terikat (kinerja pegawai) dapat dijelaskan oleh variabel bebas (motivasi kerja dan disiplin) sedangkan sisanya 99,934% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil persamaan regresi nilai koefisien regresi untuk β1 sebesar 0,195 merupakan nilai koefisien dari variabel motivasi kerja. Artinya, setiap penurunan sebesar 1 pada faktor motivasi kerja dengan asumsi variabel lainnya tetap, maka variabel kinerja pegawai akan mengalami penurunan sebesar 0,195 pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Nilai 0,122 merupakan nilai koefisien dari variabel faktor Disiplin kerja(β ) artinya setiap penurunan sebesar 1 pada faktor motivasi kerja dengan asumsi variabel lainnya tetap, maka kinerja pegawai akan mengalami penurunan sebesar 0,122 pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.
Reaksi Zagoto IMPLEMENTASI PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN SEHUBUNGAN DENGAN PEMBAYARAN ATAS PENYERAHAN BARANG (STUDI KASUS DI KANTOR CAMAT TELUKDALAM) admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.626 KB)

Abstract

Lingkup penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Pemungutan Pajak Penghasilan sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang di kantor Camat Telukdalam.Tujuannya adalah untuk menghitung besar pajak yang terutang atas setiap pembayaran sehubungan dengan penyerahan barang yang dilakukan oleh rekanan selama bulan juli tahun2019 dan juga menjelaskan bagaimana tata cara penyetoran dan pelaporan yang harus dipungut tersebut. Data-data dikumpulkan melalui kegiatan wawancara dan dokumentasi,proses penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan konklusi. Hasil analasis data menghasilkan kesimpulan diantaranya adalah 1.Pemungutan pajak penghasilan hanya dapat dilakukan atas pembayaran yang dilakukan pada tanggal 2 sebesar Rp 44.000 dan tanggal 4 sebesar Rp 39.000. Penyetoran Pajak Penghasilanoleh bendahara kantor camat telukdalam, wajib dilakukan pada hari yang sama, melalui kantor dan atau bank persepsi yang ada disekitar kota Telukdalam, dengan menggunakanSurat Setoran Pajak atau sarana administrasi lain yang setara dengan Surat Setoran Pajak dan/atau bukti penerimaan Negara yang telah diisi atas nama rekanan, dan dilaporkan di KPPyang ada di sibolga pada tanggal 14 bulan Agustus 2019, dilampiri lembar k3-3 SSP sebagai Bukti Pemungutan dan bukti setoran, beserta daftar SSP PPh pasal 22.
Reaksi Zagoto TELAAH PERLAKUAN PAJAK PENGHASILAN ATAS JASA KATERING DI INDONESIA admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.035 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji berbagai regulasi yang terkait dengan pengenaan Pajak Penghasilan atas jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanaperlakuan pajak atas jasa catering yang diserahkan oleh wajib pajak orang pribadi. Data-data dikumpulkan melalui studi pustaka dan kegiatan wawancara, proses penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan konklusi. Hasil-hasil penelitian adalah Jasa catering yang diterima oleh orang pribadi dapat diperlakukan sebagai objek Pajak penghasilan pasal 21 dan dapat pula diperlakukan sebagai objek Pajak Penghasilan pasal 23. Dengan asumsi self assessment system dalam pemungutan pajak yang diterapkan di indonesia, maka semestinya dapat dibenarkan jika ada pemungut yang menerapkan pasal 23 dalam pemungutan pajak penghasilan atas jasa catering, karena didalam aturan-aturan yang terkait, jelas terlihat bahwa tidak ada pengecualian-pengecualian yang dibunyikan dalam pasal tersebut termasuk dalam aturan turunannya.
Erasma F. Zalogo ANALISIS PERSEDIAAN KAS PADA KOPERASI KREDIT CU. FAOMASI TELUKDALAM TAHUN 2017-2019 admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.489 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persediaan kas pada Koperasi Kredit CU. Faomasi dari tahun 2017 sampai dengan 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekuner berupa Laporan Keuangan Neraca dan laporan Sisa Hasil Usaha. Data sekunder di olah dengan menggunakan langkah-langkah perhitungan persediaan kas. Persediaan kas tahunan yang ideal sangat dipengaruhi oleh pengeluaran kas tahunannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Kredit CU. Faomasi dari tahun 2017 sampai dengan 2019 memiliki pengeluaran kas yang efektif dan persediaan kas yang tersedia dari tahun 2017 sampai dengan 2019 adalah cukup untuk memenuhi kebutuhan likuiditasnya. Koperasi Kredit CU. Faomasi cendrrung memiliki jenis kebutuhan dan pengeluaran kas yang sama tiap tahunnya sehingga persediaan kas yang dimiliki tidak terlalu besar tiap tahunnya.
Aluiwaauiri Tafonao ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP PRONENESS, POSITIVE AFFECT, CORPORATE IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENERBIT ANDI OFFSET KOTA PADANG admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.113 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Proneness, Positive Affect, Corporate Image terhadap loyalitas pelanggan dan di mediasi kepuasan pelanggan pada penerbit Andi Offset kota Padang. Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhaap loyalitas pelanggan pa penerbit Andi Offset. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif, metode analisis yang digunakan adalah menggunakan statistic deskriptif dan Structural Equation Model (SEM) yang diolah melalui program smart-PLS (Partial Least Square). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan penerbit Andi Offset yang ada di kota Padang. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan metode purposive sampling dan ukuran sampel yang akan digunakan sebanyak 120 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Customer Relationship Proneness, Positive Affect, Corporate Image berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada penerbit Andi Offset di kota Padang.
Ferdinand Tharorogo Wau ANALISIS FUNGSI PERMINTAAN PREMIUM DI SUMATERA UTARA admin admin
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Nias Selatan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.435 KB)

Abstract

Sumatera Utara sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dengan laju pertambahan penduduk yang cukup tinggi di Indonesia. Seiring bertambahnya jumlah penduduk konsumsi BBM semakin meningkat sedangkan produksi BBM semakin menurun. Kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh keberadaan BBM di perekonomian sehingga jumlah permintaan BBM yang ada di perekonomian harus selalu dipantau dengan baik sehingga ketersediaannya di perekonomian dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diminta. Adapun tujuan penelitian sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga premium, harga pertamax, jumlah penduduk, dan PDRB terhadap jumlah permintaan premium di Sumatera Utara. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi aspek pengembangan ilmu ekonomi mikro khususnya tentang perilaku konsumen dalam permintaan premium di Sumatera Utara dan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pemerintah sebagai kerangka dasar untuk membuat kebijakan ekonomi yang berhubungan dengan BBM jenis premium. Hasil dari estimasi metode OLS (Ordinary Least Square) melalui model estimasi regresi linier berganda menunjukkan bahwa harga premium berpengaruh positif dan harga pertamax berpengaruh negatif terhadap permintaan premium dan tidak signifikan, sedangkan jumlah penduduk, dan PDRB memiliki pengaruh positif terhadap BBM jenis premium dan signifikan, hasil estimasi ini sesuai dengan hipotesis dari penelitian. Dari nilai koefisien determinasi (R2) dapat dijelaskan bahwa variasi variabel permintaan premium mampu dijelaskan oleh variabel-variabel harga premium, harga pertamax, jumlah penduduk, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Sumatera Utara sebesar sebesar 95,98 persen. Sedangkan sisanya sebesar 4,02 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam model penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 9